KAMU ADALAH APA YANG KAMU MAKAN ???

Octo zulkarnain

Dosen S1 ilmu keperawatan

STIKes Surabaya

Ungkapan KAMU ADALAH APA YANG KAMU MAKAN ini sepertinya sangat tepat untuk menggambarkan kesehatan saat ini. Makanan adalah merupakan sumber dari energi namun juga bisa menjadi sumber dari sebuah penyakit.

Maksud dari ungkapan ini, adalah kondisi kesehatan seseorang dipengaruhi oleh apa yang mereka makan.  Namun dalam artikel ini saya tidak membahas mengenai makanan yang tinggi kandungan lemak atau tinggi karbo namun yang saya bahas adalah mengenai mikroorganisme dalam usus manusia terhadap kondisi kesehatannya.

Pada dasarnya tubuh manusia dalam mencerna makanan  dalam sistem pencernaan membutuhkan bantuan mikroorganisme lain untuk prosesnya. Seperti halnya bakteri E.Coli, Lactobacillus dan banyak jenis lainnya. Dalam usus manusia terdapat 1014 jenis mikroorganisme yang hidup di dalammnya, terdiri dari jenis bakteri, fungi, virus dan protozoa.

Nah untuk apa jenis bakteri sebanyak itu ada dalam usus manusia ? seperti yang telah saya jelaskan di atas sebelumnya manusia membutuhkan bantuan mikroorganisme dalam proses pembusukan makanan. Tidak semua makanan yang masuk dalm tubuh manusia dapat di manfaatkan oleh tubuh dan diserap oleh tubuh. mikroorganisme usus ini yang mencerna dan menghasilkan Glukosa, Lemak rantai pendek atau bahkan Lemak rantai panjang.

Mikroorganisme yang ada di dalam usus tidak semuanya bersifat membantu namun ada pula yang dapat memiliki dampak negatif termasuk mengakibatkan dampak obesitas. Seperti halnya glutamate yang dikaitkan dengan obesitas, dan BCAA (branched chain amino acids, asam amino rantai bercabang), yang diasosiasikan dengan sekresi insulin tinggi dan risiko diabetes tipe 2 serta penyakit kardiovaskular.

Mikroorganisme usus normal dalam usus manusia lebih sifatnya membantu proses pencernaan, namun mikroorganisme yang tidak termasuk normal Gut mikrobiot cenderung mengahasilkan luaran yang dapat memicu terjadinya penyakit.

Oleh karennya penting kita menjaga usus kita dengan memberikan nutrisi pada normal flora yang ada dalam system pencernaan kita. Sehingga normal flora dapat mendominasi dan mengahasilkan produk yang benar-benar di butuhkan oleh tubuh manusia.

Semoga dapat membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *