Oleh : Fitria, S.ST., M.Keb

Praktisi Mom and Baby Spa

Dosen D3 Kebidanan Stikes Surabaya

 

Pergi ke spa adalah salah satu cara untuk memanjakan diri mom ketika sedang dilanda kelelahan akan perannya menjadi seorang ibu jika. Ternyata, tak cuma orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan di spa. Akhir-akhir ini, baby spa atau spa untuk bayi sangatlah marak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Para pelopor baby spa menjanjikan berbagai manfaat kesehatan untuk si buah hati. Namun, benarkah spa memang baik untuk perkembangan buah hati Anda? Atau jangan-jangan hanya sekadar tren saja? Sebelum Anda memanjakan bayi di spa, pertimbangkan dulu hal-hal penting berikut ini.

 

Bayi merupakan masa kritis dan memerlukan perawatan khusus dan menyeluruh.  Merawat bayi tak cukup hanya dengan perawatan rutin mom, akan tetapi harus penuh kasih sayang. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan, yaitu faktor genetik, lingkungan, perilaku dan stimulasi. Penanganan secara nonfarmakologis terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang aman bagi bayi adalah baby spa.

Baby spa adalah perawatan yang dirancang untuk memberikan stimulasi positif pada bayi berusia 3 bulan atau jika bayi sudah bisa mengangkat kepala dengan kuat saat ditengkurapkan. Umumnya baby spa terbagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, dilakukan pijat bayi juga disebut dengan touch therapy yang artinya adalah salah satu teknik yang mengkombinasikan manfaat fisik sentuhan manusia dengan manfaat emosional seperti ikatan batin (bonding). Pijat bayi dapat digolongkan sebagai aplikasi stimulasi sentuhan karena dalam pijat bayi terdapat unsur sentuhan berupa kasih sayang, perhatian, suara, pandangan mata, gerakan dan pijatan. Gerakan memijat bayi dapat dilakukan dengan teknik usapan, remasan, kocokan dan gerakan lingkar. Beberapa spa membolehkan Anda atau pasangan untuk belajar memijat bayi sendiri. Namun, umumnya seorang terapis yang sudah bersertifikat akan memijat bayi Anda.

Tahap selanjutny adalah baby gym atau senam bayi adalah gabungan gerakan anggota tubuh yang dikombinasikan ke dalam permainan yang merupakan stimulasi untuk mengoptimalkan kemampuan motorik anak.  Senam bayi juga bisa untuk mengetahui perkembangan yang salah pada bayi secara dini, sehingga kita dapat melakukan tindakan antisipasi yang tepat agar bayi tumbuh normal. Senam juga memberikan kesempatan kepada anak untuk mengenali dirinya sendiri dalam perkembangan yang normal atau sesuai dengan usianya. Senam bayi sangat penting untuk menguatkan otot-otot dan juga sendi-sendi pada bayi sebagai persiapan bayi untuk duduk, berdiri dan berjalan.

Tahapan terakhir adalah rmenang (swim) disebut juga dengan terapi air (hidroterapi), yaitu penggunaan air dan atau dengan ramuan bahan alam (tumbuhan, mineral, minyak atsiri, garam, susu, lumpur, lulur) untuk perawatan kesehatan tubuh dengan mengatur suhu, tekanan, arus, kelembaban serta kandungan air. Baby swim adalah terapi bayi dengan cara berenang di air dengan menggunakan air hangat.

Baby swim adalah perawatan bayi dengan cara berenang di kolam air hangat dengan suhu 38 sampai 40 derajat atau tergantung dari suhu tubuh bayi dengan menggunakan pelampung. Tujuan baby swim adalah merendam bayi yang tujuannya untuk melatih fungsi tubuh, merangsang aktifitas bayi dengan cara bayi menggerakan tangan dan kaki dan melatih otot-otot secara aman dan berguna untuk melatih sistem motorik bayi, sedangkan manfaatnya adalah meningkatkan IQ, menyehatkan badan dan merangsang gerakan motorik, mengasah kemandirian, keberanian dan percaya diri, menghilangkan rasa takut pada air, meningkatkan kemampuan sosial, dan sarana bermain. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit, tergantung pada reaksi bayi Anda saat pertama kali masuk ke dalam air. Jika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit.

 

Manfaat baby spa bagi buah hati

Para ahli mulai mengulik manfaat baby spa bagi perkembangan mental dan fisik bayi. Menurut berbagai penelitian, spa ternyata memang baik untuk tumbuh kembang buah hati. Berikut adalah beragam keunggulan baby spa.

  1. Berenang di kolam akan membantu bayi melatih keseimbangan.
  2. Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh karena di dalam air bayi akan belajar menendang-nendang, mengayunkan tubuhnya, dan menggerakkan kedua tangannya secara lebih bebas.
  3. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan di dalam air yang tekanannya lebih besar.
  4. Berendam di dalam kolam hangat akan membuat bayi merasa lebih rileks dan tenang. Pijat bayi juga akan mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi, terutama ketika sedang tidur di malam hari.
  5. Mencegah masalah pencernaan lewat pijat bayi.
  6. Mendorong perkembangan otak lewat stimulasi sensorik. Otak akan menghasilkan sel-sel baru setiap bayi beraktivitas di kolam baby spa. Saraf-saraf otak juga akan membentuk banyak koneksi baru karena berbagai indra bayi mendapat rangsangan berupa sentuhan dari pijat bayi, wangi dari minyak pijat, dan air hangat saat berendam.
  7. Belajar bersosialisasi dengan bayi lain yang berendam bersamanya.

 

Yang perlu diperhatikan sebelum ikut baby spa

Jia Anda ingin mengenalkan buah hati pada pengalaman spa bayi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Lebih lanjut, dokter anak yang tergabung dalam American Academy of Pediatrics ini mengingatkan orangtua untuk memerhatikan hal-hal ini sebelum membawa bayi ke spa.

  1. Sebelum ikut baby spa, sebaiknya bayi sudah kenyang dan tidak sedang mengantuk. Kalau lapar dan mengantuk, bayi Anda justru tidak akan bisa menikmati sesi spa.
  2. Tidak dengan kondisi sakit karena masa inkubasi suatu penyakit berbeda beda, jika dilakukan baby spa akan memperparah kondisi buah hati anda.
  3. Cari tahu dan tanyakan metode penyaringan air kolam, bahan kimia apa saja yang ada di dalam kolam, minyak pijat yang digunakan, dan hal-hal lainnya seputar kebersihan dan keamanan spa. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna sehingga masih sangat rentan terhadap kuman, bakteri, dan zat kimia.

 

  1. Setiap bayi memiliki proses perkembangan yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda menilai sendiri dengan bijak apakah bayi Anda sudah siap secara fisik dan mental untuk ikut spa bayi. Anda bisa menyiapkan buah hati untuk ikut spa dengan mengajaknya main air atau berendam saat bayi mandi.

 

 

Daftar Pustaka

  1. Wayan Noviani, Fitria. (2018). The Impact of Baby Spa on the Growth and Development of Infants Aged 3-6 Months at Puskesmas I Denpasar Selatan. nternational Journal of Research in Medical SciencesWayan NNet al. Int J Res Med Sci. 2018Aug;6(8):2601-2605
  2. Pratyahara. 2012. Keajaiban Terapi Sentuhan Untuk Bayi Anda. Yogyakarta: Javalitera.
  3. Subekti, Y & Deri, R, A. 2008. Keajaiban Pijat Bayi dan Balita. Jakarta : PT Wahyu Media.
  4. Kepmenkes. Permenkes. 2004. Pedoman Persyaratan Kesehatan Pelayanan Sehat Pakai Air (SPA). Jakarta
  5. Sunarsih, T. 2010. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi Umur 0-3 Bulan di BPS Saraswati Slema Yogyakarta. Diperoleh dari http://www.scribd.com/doc/101103211/M y-Skripsi2 pada tanggal 24 September 2014.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *