Oleh : Alvia Nur Layli, S.KM., M.Gizi

Junk food atau makanan siap saji banyak dikenal masyarakat sebagai makanan yang tidak sehat atau makanan yang kurang bahkan tidak memiliki nilai zat gizi. Arti lain Junk food yaitu makanan yang memiliki nol kalori, maksud dari nol kalori adalah makanan yang memiliki kalori yang tinggi tapi rendah kandungan zat gizi mikronya seperti vitamin, mineral dan serat. Istilah “junk food” ini diciptakan oleh ahli mikrobiologi Dr. Michael F. Jacobson pada tahun 1972.

Istilah Junk Food selalu dekat dengan istilah Fast Food, bahkan terkadang sering tertukar. Sebagian besar Junk Food adalah Fast Food apabila dilihat dari segi pengolahan dan penyajiannya tetapi tidak semua fast food adalah junk food, terutama jenis fast food yang penyajiannya memperhatikan kandungan gizinya. Jenis makanan yang termasuk golongan Junk food diantaranya pizza, burger, soft-drink, sandwich, fried potatoes, fried chicken, ice creams, hot dog, potato chips dan sebagainya. Junk Food popular di kalangan masyarakat karena kemudahan dalam membuat dan mengkonsumsinya, serta dari segi rasa dan daya simpan yang lama.

Junk food memiliki kandungan lemak, gula dan garam yang tinggi. Badan standar makanan di United Kingdom mengganti istilah Junk Food dengan mendiskripsikannya sebagai Food ‘HFSS’ (high fat, sugar or salt). Jenis makanan ini tidak baik apabila dikonsumsi terlalu sering. Makanan tinggi gula, garam dan lemak sangat bertolak belakang dengan acuan konsumsi makan dalam Pedoman Gizi Seimbang. Disamping itu terdapat juga lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Kedua jenis lemak ini cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Makanan tinggi gula dan lemak yang terlalu sering dikonsumsi dapat memicu terjadinya obesitas. Tingginya kandungan garam dan kolesterol dapat memicu peningkatan tekanan darah, stroke dan penyakit jantung.

 

Sumber :

  1. Rajveer B, Ola Monika. 2012. Junk Food : Impact On Health. Journal of Drug Delivery and Therapeutics. 2(3): 67-73.
  2. Lamba A, Veena Garg. 2017. Impact of Junk Food on Health Status and Physical Performance of School Going Children (12-16 Years). International Journal of Food Science and Nutrition. 2(6) : 49-51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *