2019-nCoV atau dikenal dengan Virus Corona, merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan pada manusia. Virus ini terdeteksi muncul dari kota Wuhan, China sejak bulan Desember 2019 lalu & sudah menjangkit dan menyebar di berbagai negara lain.

Sebagian besar kasus kematian terkonfirmasi baru hanya terjadi di China, namun hingga saat ini virus juga telah terdeteksi di Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Amerika Serikat,dan bahkan sudah ada di Indonesia.

Perbedaan dengan virus yang lain adalah, Virus Corona ini mempunyai kemampuan yang tinggi untuk dapat menyebabkan penyakit lain yang fatal.

Virus Corona ini sangat berbahaya jika sudah masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan istilah Pneumonia, yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai mikroorganisme lain, seperti bakteri, parasit, jamur, dll.

Proses penyebaran virus ini dapat terjadi melalui udara yang terinhalasi atau terhirup melalui hidung dan mulut manusia sehingga masuk ke dalam saluran pernafasan atas, lalu ke tenggorokan dan mengendap di paru-paru.

Inkubasi Virus Corona ini dikatakan oleh Dinas Kesehatan terjadi antara 2 sampai 14 hari.  Virus ini telah memakan korban jiwa sebanyak 80 orang di China dan menginfeksi lebih dari 2.300 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *