Dunia sedang digemparkan dengan sebuah penyakit yang dikenal dengan istilah covid-19. Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia yaitu china luluh lantah akibat virus ini. Menurut https://www.cnbcindonesia.com/ jumlah kasus kematian akibat covid-19 dicina mencapai 2.788 orang. Bahkan rilis terbaru menurut Global Times, koran terbitan Partai Komunis China menyatakan bahwa 2 pasien  yang telah dinyatakan sembuh kembali positif. Profesor Microbiologi dan Patologi dari NYU School of Medicine, Philip Tierno Jr menyatakan bahwa virus corona dapat kembali kambuh pada tubuh pasien penderita.

Beberapa tahun lalu keluarga coronavirus  sudah pernah muncul yaitu sars (severe acute respiratory syndrome) tahun 2002 di china dan Mers (Middle-East respiratory syndrome) tahun 2012 di timur tengah. Sars, mers dan covid-19 adalah sebuah penyakit yang menyerang system saluran pernafasan manusia. Karena menyerang system pernafasan manusia sehingga angka kematiannya cukup tinggi. Pernafasan adalah adalah merupakan bagian dari  system organ yang berperan utama dalam kehidupan manusia. Kebutuhan oksigen dalam proses metabolisme tubuh manusia menjadi kunci utama dalam mempertahankan kehidupan seluruh sel dalam tubuh manusia. Keterlambatan suplay oksigen dan proses pertukaran oksigen dengan co2 dapat mengakibatkan kematian pada manusia.

Sars, mers dan covid-19 dalah merupakan jenis virus yang merupakan mikroorganisme yang dapat hidup di dalam sel. Sehingga sel imunitas yang digunakan sebagai system pertahanan tubuh manusia dapat juga terinfeksi selnya. Meskipun demikian covid-19 lebih cenderung kecil dampak kematiannya dibandingakan mers dan sars yaitu hanya 2-3%. Saluran pernafasan kita sebenranya telah memilki system pertahanan innate dan adaptivenya. Namun karena covid-19 ini adalah sebuah virus maka dia mampu menginfeksi system pertahanan tubuh itu sendiri. Kita sudah terbiasa dengan influensa sebagai penyakit yang sehari-hari kita hadapi. Dan itu juga merupakan virus namun jika kita mengatur fisik kita dengan baik maka tubuh kita akan sembuh dengan sendirinya.

Namun tidak perlu kawatir selama kita menjaga makan kita dengan makanan yang bergizi dan cukup istirahat maka system peratahanan tubuh itu akan mampu mengendalikan infeksi covid-19 ini. Proteksi diri anda dengan masker dan selalu cuci tangan anda dengan bersih dan jaga pola hiudp sehat dan bersih maka virus ini tidak akan mampu masuk kedalam tubuh kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *