Stroke adalah sebuah keadaan sirkulasi darah ke otak terhambat oleh adanya sumbatan atau akibat pecahnya pembuluh darah di otak.

Stroke dalam bahas medisnya di kenal dengan istilah CVA (Cerebrovaskuler Accident). CVA ini dapat terjadi jika terjadi sumbatana yang disebut dengan stroke non hemaragic dan jika terjadi perrdarahan di sebut dengan stroke hemoragic.

Otak merupakan bagian sentral organ manusia yg memiliki fungsi yang sangat kompleks. sebagai tempat berpikir dan juga sebagai pusat kontrol semua tindakan dan gerakan pada manusia.

Karena begitu kompleksnya tugas dari otak maka otak membutuhkan nutrisi yang lebih di bandingkan dengan organ lainnya. Sirkulasi otak mengalami sumbatan atau pecah pembuluh darah akan cepat mengalami kematian jaringan otak itu sendiri .

Kerusakan jaringan otak akan memicu hilangnya fungsi koordinasi dari tubuh bahkan kelumpuhan sampai dengan kematian. Beberapa faktor yang meningkatkan resiko manusia mengalami stroke adalah hipertensi, diabetes, dan kebiasaan merokok serta pola hidup yang kurang sehat. Ada 4 cara mengidentifikasi seseorang dengan stroke, cara ini disingkat dengan kata FAST.

1. Face                           : Tampilan wajah simetris atau tidak

2. Arm                           : kekuatan lengannnya antara kanan dan kiri

3. Speech difficult       : Kesulitan bicara/ mengucapkan sesuatu.

4. Time                          : Segera hubungi pusat layanan kesehatan yg ada di sekitar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

39 − = 34