Masih hangat di telinga kita berita berpulangnya ibu Hj. Kristiani Herrawati, S.IP atau yang sering di kenal dengan ibu ani yudhoyono. Sitri presiden Indonesia ke enam republik Indonesia.tak ada yang menyangka dan menduga istri presiden ke-6 RI ini menderita penyakit yang sangat ganas yaitu kankaer darah atau di kenal dengan istilah leukemia.  Selama 4 bulan pengobatan di singapura berbagai treatment telah di leawati beliau. Bahkan tanpak dari berbagai foto yang di bagikan media beliau tanpak sangat berbeda dengan tanpilan sebelumnya. Beliau berpulang pada tanggal 1 juni 2019 pukul 11.50 wktu singapura.

Angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23. Data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker (http://www.depkes.go.id, 2019).

Leukemia adalah merupakan keganasan yang terjadi pada darah. Peningkatan jumlah leukosit atau di kenal dengan sel darah putih ini, banyak mempengaruhi sel darah lainnya termasuk HB Eritrosit dan Trombosit. Peningkatan jumlah leukosit hingga 9 kali dari standar normal berdampak pada penurunan HB yang di tandai dengan gejala anemis, penurunan jumlah trombosit berdampak pada munculnya tanda lebam di beberapa bagian tubuh. sistem pertahanan tubuh yang seharusnya dapat menjaga tubuh untuk terhindar dari penyakit sebaliknya menyerang tubuh sendiri sehingga melemahkan system pertahanan tubuh itu sendiri. Berdasarkan kecepatan perkembangannya kanker darah dapat di golongkan menjadi dua, yaitu akut dan kronis. Akut yang di maksud adalah kanker berkembang dengan sangat cepat dengan penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal dan selnya belum matang sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal. Sedngkan yang kronisberkembang secara perlahan-lahan dalam jangka waktu panjang dimana sel darah putih yang harunya mati, tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah. Jika diklasifikasikan berdasarkan jenis sel darah putihnya dibagi atas leokimia limfotik dan leukemia mielogen. Berdasarkan pengelompokan ini leukemia dibagi menjadi 4 jenis kanker darah yang paling sering terjadi. 1. ALL (acute lymphocytic leukemia), 2. acute myelogenous leukemia (AML), 3. chronic lymphocytic leukemia (CLL), 4. Chronic myelogenous leukemia (CML). ALL mengahambat fungsi limfosit dan sangat berpotensi infeksi serius dan banyak di derita oleh anak-anak. AML membentuk sel-sel myeloid tidak sempurna sehingga menyumbat pembuluh darah.banyak juga di derita oleh dewasa dan anak.  CLL hanya di derita oleh orang dewasa umumnya terdeteksi pada stadium lanjut karena simtomatic. CML banyak di derita oleh orang-orang dengan usia diatas 20 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 3