Kebanyakan orang mengenal diabetes disebabkan karena pola makan seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Namun ada penyebab lain yang tidak pernah diketahui masyarakat luas, yaitu duduk yang terlalu lama. Duduk yang terlalu lama tanpa diselingi aktivitas meningkatkan 45% resiko terjadinya diabetes pada seseorang. masyarakat modern saat ini banyak yang duduk dalam waktu yang lama dikarenakan tuntutan pekerjaan kantoran ataupun remaja yang suka menghabiskan waktu bermain game online. Kebiasaan buruk ini dapat membahayakan kesehatan, Kebiasaan yang tidak baik tersebut dapat memicu menumpuknya lemak pada jaringan perut, dan terutama meningkatkan resiko terjadinya diabetes, selain itu juga menyebabkan terjadinya sakit punggung sampai dengan kesehatan mental.

Penelitian yang dilakukan Boldsky (2019), Seorang Pakar kesehatan endokrin menyebutkan kebiasaan duduk terlalu lama tersebut dapat menimbulkan gangguan pada produksi insulin dalam tubuh. Sedangkan, diketahui insulin sangat penting digunakan bagi pemecahan gula darah. Kekurangan insulin menyebabkan kadar gula darah tidak dapat diubah menjadi energi dan terus menumpuk. sehingga Jika kadar gula darah menjadi sangat tinggi, risiko untuk terkena diabetes juga akan meningkat.

Kebiasaan Duduk terlalu lama tanpa diselingi aktivitas juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh akan sulit terjadi sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh menjadi menurun. Menjadikan lemak semakin menumpuk, terutama lemak perut karena adanya tekanan ketika duduk. Dengan demikian, cobalah untuk selalu menyempatkan diri untuk berdiri atau berjalan kaki disela-sela duduk yang terlalu lama, dan berolahraga ringan setiap satu atau dua jam jika kita termasuk dalam orang yang duduk dalam waktu yang lama. Perhatikan pola makan setiap hari agar tetap sehat dan jangan lupa untuk rajin berolahraga demi menjaga kadar gula darah tetap normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 2