Jantung adalah organ otot yang menerima darah dari vena dan memopa darah melalui arteri ke seluruh tubuh. letak jantung berada di belakang tulang rusuk dan berada di bagian depan paru-paru. 2/3 bagian jantung terletak pada bagian kiri dada. (MedicineNet.com)

 

Fungsinya sebagai pompa darah keseluruh tubuh aktivitas jantung juga memerlukan sirkulasi darah. sirkulasi darah yang mengandung nutrisi dan oksigen di transportasikan oleh arteri koronaria, yang melekat pada diding jantung.

Dalam kondisi normal arteri ini akan menstranspotrasikan seluruh nutrisi dan oksigen kedalam lapisan jantung termasuk otot jantung (miocard). jantung dapat bergerak memompa dikarenakan karena bagian dari jantung adalah otot. semakin tinggi kerja jantung maka konsumsi nutrisi dan oksigen yang di butuhkan juga semakin tinggi.

Lalu bagaimana dengan kondisi lyang terjadi pada kasus jantung koroner ?

Arteri koroner dapat mengalai penyempitan akibat proses yang disebut dengan arteriosklerosis. Terjadinya penebalan pada bagian serat endotel yang berisi lemak dan di ikuti oleh kekakuan pembuluh darah. hal ini di mungkinkan akibat pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan merokok, tinggi kolesterol.

Penebalan pada bagian endotel akan memicu terjadinya sumbatan, atau di karenakan penebalana pada diding endotel ini pecah adan mengakibatkan sel pembukuan darah berkumpul dan menutup akses peredaran darah yang terjadi.

Jika ingin tahu penjelasannya lebih detail, silahkan simak video ini :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 − = 54