Penulis : Ira Dwjayanti, S.Gz., M.Sc.

Dosen Ilmu Gizi

 

Peningkatan berat badan pada ibu hamil dipengaruhi oleh perubahan komposisi tubuh ibu saat kehamilan. Pada awal kehamilan (0-24 minggu) peningkatan volume darah akan mempengaruhi peningkatan berat badan ibu hamil sekitar 1,7kg. Perubahan volume uterus, payudara, cairan ekstraseluler dan jaringan lainnya akan berkontribusi sebanyak 1,9kg. Komposisi pada janin juga mempengaruhi berat badan ibu sekitar 1,7 kg yang terdiri dari plasenta 0.3Kg, janin 1,1 kg dan cairan ketuban 0,3kg.

Total peningkatan berat badan tubuh selama kehamilan (0-40 minggu) dipengaruhi oleh beberapa faktor di atas. Kurang lebih untuk ibu hamil yang memiliki status gizi normal sebelum hamil akan mengalami pengingkatan berat badan 12 kg. Peningkatan volume uterus, payudara, cairan ekstraseluler dan jaringan lainnya berkontribusi pada berat badan ibu selama kehamilan. Termasuk berat janin, plasenta dan cairan ketuban.

Ibu yang mengalami gangguan selama kehamilan seperti pre-eclampsia, diabetes kehamilan dan gangguan lainnya mengalami perubahan komposisi  tubuh yang berbeda dibandingkan dengan ibu hamil normal. Namun data yang tersedia sangat terbatas sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

 

Referensi

Keefe-Lammi, Carol J. Couch, Sarah C. and Kirwan P John. 2018. Handbook of Nutrition and Pregnancy. Second Edition. Humana Press

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + = 18