Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.
Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988.

kenapa HIV AIDS selalu identik dengan pita merah?

Pita merah jadi simbol universal tanda kepedulian dan dukungan bagi orang-orang dengan HIV. Ide simbol penggunaan pita merah hadir pada 1991 atau satu dekade setelah kemunculan HIV. Saat itu, 12 seniman berkumpul di sebuah galeri di New York, Amerika Serikat.
Pertemuan itu dilakukan untuk membahas sebuah proyek untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seputar HIV AIDS. Apalagi di tahun-tahun itu stigma terhadap orang dengan HIV AIDS begitu kencang.

Dari pertemuan itulah muncul ide penggunaan pita merah sebagai simbol kepedulian dan dukungan kepada orang-orang dengan HIV seperti dilansir laman worldaidsday.org.

Pada Hari Senin tgl 2 Desember 2019 kemarin, Stikes Surabaya mengadakan penyuluhan tentang HIV/AIDS yang di gagas oleh BEM Stikes Surabaya berkolaborasi dengan HIMASAKA Stikes Surabaya (Himpunan Mahasiswa Keperawatan) di lapas Gresik turut dihadiri oleh Kaprodi Keperawatan beserta jajaran.

 

Sambutan dari Kepala Lapas Gresik Bpk. Mahendra Sulaksana.

 

Pembicara Materi oleh Bpk. Octo Zulkarnain, menyampaikan bahwa pentingnya kesadaran diri untuk tidak menjauhi penderita AIDS namun memberikan dukungan agar mentalitas penderita tidak down dan dapat berjuang untuk tetap hidup dalam sosial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 7 =